Kota Ambon

Program Kampung Inggris di Ambon Alami Kemajuan

17392684_1851683401760731_692515225_n

AMBON,MALUKU – Program Kampung Inggris binaan Dinas Pendidikan dan Kebidayaan Provinsi Maluku di Kota Ambon rupanya mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini terlihat, sejumlah masyarakat yang dikategorikan sebagai peserta didik telah berhasil dikancah nasional.

Hal ini disampaikan oleh Pengelola Kampung Inggris di Negeri Amahusu, dr Ade Faradila Atamimi kepada media ini di Ambon. Faradila mengatakan program kampung inggris sangatlah bermanfaat bagi masyarakat di Maluku, apalagi di Kota Ambon sebagai pilot project pembangunan dan sentral pelayanan publik, sehingga tingkat penguasaan bahasa asing perlu ditingkatkan, terutama bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional.

“Program ini sangatlah penting karena secara nasional bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang diwajibkan untuk setiap orang dapat menguasainya,”ungkapnya.

Terhitung hingga akhir desember 2016 lalu, peserta didik yang dihasilkan oleh pengelola kampung inggris di Amahusu sebanyak 111 orang yang kini tersebar di seluruh pelosok nusantara. Bahkan salah satu lulusan program kampung inggris ini adanya yang menjadi pramugari pada pesawat emirat.

Faradila menjelaskan, sebelum program ini dilancarkan, masyarakat sekitar belum mengetahui cara berbahasa inggris dengan baik dan benar, namun seiring perkembangan waktu, bahasa tersebut mulai terdengar baik. Bahkan pada waktu-waktu tertentu warga dalam interaksinya menggunakan bahasa tersebut.

“Kami sangat bangga, karena program ini bisa membantu menjadikan masyarakjat kita bersaing dengan orang luar,”katanya. Disamping itu, Negeri Amahusu merupakan salah satu objek lokasi dimana terselenggaranya event yang bekerjasama dengan Pemerintah Darwin, Australia. Untuk itu, masih dirasakan priogram tersebut harus ditingkatkan.

“Kedepan juga, kita akan sebarkan tim kita untuk menjangkau beberapa daerah lagi,”tandasnya. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top