Maluku Tenggara

Pesatnya Pertumbuhan Koperasi dan UKM, Bentuk Perkembangan Ekonomi Daerah

Rakor Koperasi dan UKM

LANGGUR,MALUKU- Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dipercaya sebagai tuan rumah pelaksana Rapat Kordinasi (Rakor) Perencanaan Pusat dan Daerah tahun 2017 Provinsi Maluku. Pemkab Malra diharapkan mendukung pengembangan koperasi dan usaha kecil mikro menengah.

Kabupaten Malra, oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku dinilai sebagai salah satu daerah di Maluku yang memiliki pertumbuhan koperasi UKM sangat tinggi. Kondisi ini mendorong Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku, menetapkan Kota Langgur, Kabupaten Malra sebagai lokasi pelaksanaan Rakoor Pemberdayaan koperasi UKM Provinsi Maluku 2017 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bakrie Syarief Asayathry, dan Kadis Koperasi dan UKM se- Kabupaten/Kota di Maluku.

Dalam Rakor itu, Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Bakrie Syarief Asayathry menegaskan, dari pemantauan dinas yang dipimpinnya, perkembangan koperasi dan UKM di wilayah Malra sangat tinggi.

Menurutnya, perkembangan koperasi dan UKM di Malra, tidak kalah bersaing dengan Kota Ambon sebagai Ibukota Propinsi Maluku.

“Untuk Kota Ambon angka kemiskinan berada di kisaran 6,5 persen. Sebaliknya bila dilihat pertumbuhan ekonomi di Maluku Tenggara mencapai 5 persen. Ini menunjukan benar-benar daerah ini sangat berkembang,”tuturnya.

Dia menilai, pertumbuhan ekonomi di Malra meningkat dibuktikan dengan adanya jumlah koperasi dan UKM yang tumbuh lebih besar dibandingkan kabupaten/kota lain.

“Karena itu kami tertarik melaksanakan Rakorda di Maluku Tenggara,” tandas Assyathry di hadapan peserta Rakor yang berpusat di Aula Grand Villia Langgur, Kamis (9/3).

Mantan Sekretaris Inspektorat Provinsi Maluku itu berharap, spirit perubahan dan capaian kerja di Malra dapat memotivasi daerah lain untuk berkembang seperti yang diharapkan.

“Kita berharap melalui forum ini akan ada sinergitas program dan kegiatan lingkup koperasi UKM untuk level kementerian, Provinsi dan Kabupaten/Kota,” harapnya.

“Saya meminta agar pemerintah kabupaten Maluku Tenggara terus mendorong Dinas Koperasi dan UKM di Maluku Tenggara melalui anggaran pemberdayaan untuk terus ditingkatkan,” tambahnya.

Sementara Wabup Malra Yunus Serang, berharap Rakor tersebut akan menjadi sarana pembinaan dan pengembangan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah.

Melalui Rakor itu juga, akan mampu terjadi peningkatakan produktifitas koperasi danUKM.

“Saya mengajak bailk tingkat provinsi dan kabupatenkota dapat melaksanakan tugas pengembangan koperasi dan ukm,” imbaunya.

Ketua Panitia John Ingratubun, mengatakan pelaksanaan Rakor merupakan program tahunan untuk mensinkronkan program antara pemerintah daerah Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Provinsi Maluku serta pemerintah pusat.

“Rakoor ini sebagai upaya menyatukan persepsi antara Dinas Koperasi dan UKM di Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah pusat,” ujar John yang merupakan Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Malra itu. (IN-12)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top