Kesehatan

Pengobatan Nahla Ke Makassar Ditangguhkan, Ini Alasannya

Gubenur
Gubernur Maluku, Said Assagaff

AMBON,MALUKU – Maksud hati, Nahla Namma (14), gadis penderita tumor ganas, segera diberangkatkan ke Makassar untuk berobat, namun apa daya, niat itu harus ditangguhkan.

“Saat ini dia ada di Rumah Sakit Masohi, Hb-nya (Hemaglobin) hanya enam, jadi tidak bisa dibawa,” ujar Gubernur Maluku Said Assagaff kepada wartawan di Ambon,beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui, Hemoglobin adalah molekul di dalam eritrosit (sel darah merah) dan bertugas untuk mengangkut oksigen. Kualitas darah dan warna merah pada darah ditentukan oleh kadar Hemoglobin. Sedangkan Nilai normal Hb tersebut antara lain, Wanita12-16 gr/dL, Pria14-18 gr/dL, Anak10-16 gr/dL, dan Bayi baru lahir12-24gr/dL.

Sebelumnya diberitakan, mendengar kabar gadis penderita tumor ganas ini, Assagaff lantas memutuskan memberangkatkan Nahla untuk berobat di Makassar, dengan terlebih dahulu berkoordinasi ke Kepala Dinas Kesehatan Maluku dr. Meykal Pontoh, untuk membicarakan teknis pengobatan yang harus dilalui oleh gadis kediaman Negeri Sepa, Kecamatan Amahai, Kabupaten Malteng itu.

Namun rencana pemberangkatan itu tertunda, karena pihaknya tidak ingin mengambil resiko, sebab saat ini Nahla sementara dirawat di Rumah Sakit Masohi, untuk menormalkan Hb-nya yang saat ini hanya 6 gr/dL.

“Kalau dibawa sekarang akan beresiko tinggi. Oleh sebab itu dinaikkan dulu Hb-nya baru bisa dibawa,” tegas Assagaff.
Walaupun demikian, saat ini Gubernur telah mengutus Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi Maluku Ros Tutupoho untuk menyambangi korban dan pihak pemerintah Mabupaten Maluku Tengah, guna melihat kondisi terkini Nahla.

Kepada wartawan di Ambon, Kamis (16/3), Assagaff mengaku, sudah memerintahkan Pontoh, untuk menghubungi Rumah Sakit yang menangani pengobatan siswi kelas III Madrasah Tsanawiyah Negeri Sepa ini di Makassar.

“Saya sudah perintahkan Kadis Kesehatan untuk menghubungi rumah sakit yang akan menangani gadis tersebut,” ungkapnya. (IN-01/HPM)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top