Kota Ambon

Pempus Turunkan 50 Persen DAK Kota Ambon

logo-kota-ambon-300x226

AMBON,MALUKU- Pemerintah pusat tahun 2017 mengurangi jatah Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi Pemerintah Kota Ambon. Entah apa penyebab pasti, namun pada pengurangan anggaran diseluruh sektor yang bersumber oleh APBN. Namun yang pasti pemerintah Kota Ambon tahun ini hanya akan menerima Rp. 50,8 miliar. Itupun jika dibandingkan turun 50 persen dari anggaran sebelumnya.

“Ada sejumlah kegiatan yang akan dilakukan dengan menggunakan DAK ini yakni program fisik dan non fisik,” ungkap Kabag Pengelola Keuangan Kota Ambon, Robby Silooy di Balai Kota.

Robby mengatakan, untuk program fisik, Pemkot diberikan anggaran sebesar Rp. 50,8 miliar sedangkan untuk pembangunan non fisik hanya diperoleh Rp.124 juta. DAK fisik itu terdiri dari DAK regular dengan total anggaran Rp. 25 miliar (pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, sentra UKM dan pariwisata) sedangkan DAK penugasan Rp 22,5 miliar (sanitasi, jalan dan pasar) sementara untuk DAK afirmasi nihil.

Sedangkan untuk DAK non fisik dengan total anggaranya hanya Rp. 124 juta lebih tersebut diperuntukan bagi kegiatan Pendidikan. Untuk non fisik ini diberikan untuk tunjangan sertifikasi guru, bantuan operasional kesehatan dan KB, dana administrasi kependudukan, tunjangan guru PNSD serta tambahan penghasilan guru PNSD. Sebagian dana ini sudah jalan di tahun 2017 untuk proses pekerjaan fisik dan non fisik. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top