Maluku Tenggara Barat

Pemkab Malra Gelar Musrenbang RKPD

17547497_206414029844351_927590614_o

LANGGUR,MALUKU- Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) menggelar Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang berlangsusng di aula lokasi wisata Ohoilirlir Kecamatan Manyeuw.

Hadir dalam kegiatan musrenbang RKPD tersebut, Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun, Wakil Bupati Maluku Tenggara Drs. Yunus Serang, para staf ahli Bupati, para asisten Sekda, pimpinan instansi vertikal Maluku Tenggara, Kota Tual, pimpinan SKPD se-Maluku Tenggara, para kepala desa dan tamu undangan.

“Terselenggaranya kegiatan RKPD ini dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2018. Semoga musyawarah ini dapat terlaksana dengan baik, hingga pada akhirnya nanti akan tercapai suatu pemufakatan yang memberi sumbangsih bagi pembagunan daerah, dan selanjutnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Maluku Tenggara,” Kata Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun dalam sambutannya.

Perencanaan pembangunan Malra untuk tahun 2018, telah melewati sebuah proses panjang. Dimulai dari Musrenbang tingkat Ohoi, Musrenbang tingkat Kecamatan, musyawarah forum-forum SKPD, pra Musrenbang, sampai dengan Musrenbang tingkat Kabupaten.

17521853_206414179844336_1778968293_oLebih lanjut dia jelaskan, selain sebagai implementasi peraturan perundang-undangan, juga merupakan bentuk dari komitmen pemerintah daerah, untuk menghadirkan sebuah perencanaan partisipatif, yang berbasis kebutuhan masyarakat.

Musrenbang pada hakekatnya merupakan wahana penyaluran aspirasi, guna penajaman, penyelarasan dan klarifikasi atas rencangan kerja pemerintah daerah, yang dielaborasi dalam Raker SKPD.

“Kehadiran saudara-saudara dalam musyawarah ini, dengan segala sudut pandang dan pengalaman, diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran, ide dan gagasan guna semakin memboboti rancangan Rakerda, untuk menghadirkan program dan kegiatan yang ideal, tepat sasaran dan tepat guna untuk mengatasi permasalahan daerah yang kita hadapi bersama,” ungkapnya.

Dikatakan, tahun 2018 merupakan tahun efektif ke-5 atau tahun terakhir pelaksanaan RPJMD 2013-2018, dan dari hasil-hasil yang telah dicapai, telah terlihat dampaknya sehingga telah menghantarkan Maluku Tenggara berada pada posisi dan jalurnya untuk mencapai Visi “Terwujudnya Maluku Tenggara Sejahtera”.

Pembangunan di Malra berfokus pada pengentasan kemiskinan, pelayanan dasar masyarakat, kapasitas infrastruktur serta peningkatan daya saing daerah, telah menunjukkan progres yang baik. Olehnya itu dia ingatkan, segala apresiasi yang diterima, baik secara formal melalui penghargaan-penghargaan, dukungan dan partisipasi masyarakat, hendaknya menjadi sumber semangat, untuk semakin memacu kinerja, untuk lebih baik lagi kedepan demi kesejahteraan masyarakat di Maluku Tenggara.

Bupati berharap, segala sumber daya yang ada, harus dioptimalkan pemanfaatannya secara efektif dan efisien.

“APBD kita yang terbatas harus dialokasikan seoptimal mungkin, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bumi Larwul Ngabal Maluku Tenggara yang kita cintai,” harap bupati dua periode itu. (IN-11)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top