Maluku Tenggara

Pemkab Malra Gelar Mabicab-GP

Pramuka Malra

LANGGUR,MALUKU- Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) menggelar acara Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka (Mabicab-GP) tahun 2017 yang berlangsung di lantai III aula kantor Bupati Maluku Tenggara kemarin.

Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun selaku ketua Mabicab Gerakan Pramuka dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Maluku Tenggara Yunus Serang mengatakan, Mabicab sebagai forum konstitusional organisasi, guna membicarakan berbagai kebutuhan yang bersifat strategis bagi kemajuan generasi muda bangsa, melalui pendidikan kepramukaan yang menjadi salah satu pilar perekat bangsa yang lebih dikenal dengan istilah wadah pembentukan karakter bangsa, sebagai garda terdepan pengawal empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila sebagai falsafah ideologi negara, UU Dasar sebagai landasan konstitusional negara, serta Bhineka Tunggal Ika sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Lanjutnya, selaku pemangku kepentingan gerakan pramuka di Maluku Tenggara dalam kapasitas sebagai ketua majelis pembimbing cabang pramuka sebagaimana diamanatkan UU RI Nomor 12 tahun 2010 tetang gerakan pramuka. Pembangunan nasional yang dilaksanakan di Indonesia dalam tiga dasawarsa terakhir telah berhasil mendatangkan kemajuan diberbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, termasuk didalamnya kehidupan kaum muda.

Seiring dengan berbagai kemajuan masih ditemukan beragam masalah dan tantangan yang dihadapi oleh kaum muda secara umum yang dapat dibedakan berdasarkan dua hal, yakni akibat kemudahan akses informasi dan pengaruh globalisasi serta kesulitan ekonomi. Guna mengatasi berbagai masalah yang dihadapi kaum muda, maka salah satu langkah yang dianggap mempunyai peranan yang amat penting adalah dengan menanamkan dan melibatkan kaum muda sejak usia dini, dalam kegiatan kepramukaan.

Olehnya itu,dia berharap, lewat pendidikan kepramukaan diharapkan bukan saja dapat membendung munculnya berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi oleh kaum muda, tetapi yang lebih penting lagi akan dihasilkan kaum muda yang memiliki watak, kepribadian dan akhlak mulia, yang pada gilirannya akan berperan dalam mewujudkan masyarakat yang madani serta mampu melahirkan pemimpin masyarakat, bangsa dan negara yang tangguh di masa depan.

“Saya menyambut gembira pelaksanaan kegiatan Mabicab-GP ini, semoga bermanfaat bagi pengembangan pergerakan pramuka kedepan dan khususnya bagi kaum muda yang mendiami bumi Larwul Ngabal tercinta”, ujarnya  (IN-12)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top