Uncategorized

LANTAMAL IX AMBON BACKUP PENERTIBAN GUNUNG BOTAK

17475106_1851662608429477_602351625_o

AMBON,MALUKU- Sebanyak 30 personel Lantamal IX diberangkatkan dalam rangka mendukung dan mengamankan kegiatan penyisiran dan penempatan personel pada pos pengamanan di lokasi eks Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) Gunung Botak dan Gogrea Kabupaten Buru provinsi Maluku.  Bertindak selaku Komandan Peleton Letda Marinir Muhyidin (Danton Zeni Kima Yonmarhanlan IX) .

Dinas Penerangan (Dispen) Lantamal IX dalam press releasenya kepada INTIM NEWS, Kamis (23/3) menerangkan, kegiatan pengosongan lokasi tambang karena banyak penambangan tanpa izin yang yang berdampak pada kerusakan alam. Eksplorasi dan eksploitasi tidak bertanggung jawab serta masih adanya penggunaan bahan kimia berbahaya (cianida dan mercury) merupakan salah satu penyebab rusaknya sumberdaya alam disana.

Untuk itu, Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff menginstruksikan seluruh masyarakat yang masih melakukan aktivitas penambangan emas tanpa izin untuk dihentikan.

Selain itu, para personel yang terlibat dalam pengamanan diminta untuk menghindari pertikaian dengan masyarakat, serta  tetap menjaga nama baik TNI khususnya korps angkatan laut.

Sebelum diberangkatkan seluruh personel menerima pembekalan dari Dantim Lantamal IX Letkol Laut (S) Seffirson dan Danposal Buru Kapten Laut (T) Mukmin Alamsyah. (IN-15)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top