Maluku

Gubernur Monitor Perkembangan DAU Maluku di Kemenkeu

Gubernur DAU
Gubernur Maluku saat diwawancarai awak media

AMBON,MALUKU- Gubernur Maluku Said Assagaff mengaku pihaknya akan terus mengecek perkembangan kebijakan pemerintah pusat terkait perhitungan Dana Alokasi Umum (DAU) Maluku yang dihitung dari laut.

“Saya akan ke Jakarta di atas tanggal 21 Maret, dan akan meminta waktu bertemu dengan Wakil Menteri Keuangan untuk mengecek perkembangan terkait kebijakan DAU Maluku dihitung dari laut tersebut,” ujar Gubernur kepada wartawan di Ambon, kemarin.

Gubernur katakan, dia juga sudah memerintahkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Antonius Sihaloho untuk mengecek perkembangan terkait realisasi DAU tersebut.

“Kemarin saya juga minta Pak Anton (Kepala Bappeda) selesai rapat di Makassar langsung ke Jakarta. Katanya sudah cross check tapi baru sampe di tingkat Direktur. Saya bilang jangan Direktur saja, tapi langsung ketemu dengan Wakil Menteri (Wamen) Keuangan,” terangnya.

Menurut Gubernur, di beberapa tempat dan kesempatan kegiatan yang diikutinya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Cahyo Kumolo sudah juga menyampaikan bahwa akan ada perhitungan DAU, terkait dengan laut di Maluku.

“Sudah ada respon dari pemerintah pusat, tinggal Menteri Keuangan saja mengkonkritkannya. Tapi Wamen Keuangan sudah janji ke saya, Pak Gub sepulang dari Ambon saya akan bentuk Tim untuk menghitung tambahan DAU dihitung dari laut untuk Maluku. Sementara untuk Maluku dulu, ” ungkapnya.

Gubernur katakan, target realisasinya di tahun 2018 sudah masuk. “Kalau tidak, nanti pertemuan saya dengan presiden yang keempat kalinya, saya akan minta lagi. Dan itu kan Presiden bilang sudah tiga kali saya singgung DAU ini. Kalau sampai keempat kalinya saya minta, pasti beliau marah kepada para pembantunya,” ujarnya.

Assagaff mengungkapkan, DAU untuk Maluku yang sudah dijanjikan Presiden Jokowi dihitung dari laut, akan dimulai dengan perhitungan 50 persen.

“Pak Gub, mungkin kita mulai dulu dengan perhitungan 50 persen ya,” kata Assagaff meniru pernyataan Presiden Jokowi saat itu. (IN-01/HPM)

Sumber : Humas Pemprov Maluku

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top