Kota Ambon

Granat Kota Ambon Gencar Sosialisasi Anti Narkoba

AntiNarkoba

AMBON,MALUKU- Guna mengantisipasi peredaran Narkoba di kalangan Pelajar dan Mahasiswa di Kota Ambon. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kota Ambon melakukan berbagai upaya, salah satunya kegiatan seminar bagi para pelajar, untuk lebih memahami pengetahuan tentang dampak buruk bagi para penguna Narkoba.

Ketua DPC Granat Kota Ambon Ahmad Ilham Sipahutar mengatakan, persoalan Narkoba di kalangan pelajar terumata di Kota Ambon, menjadi perhatian semua pihak. Apalagi Granat, yang secara lantang menolak narkoba. Olehnya itu, pihaknya akan melakukan seminar tentang Narkoba bagi Mahasiswa di Universitas Darussalam Ambon. Dan dalam kegiatan itu, tidak hanya melibatkan pengurus Granat Kota, tetapi pengurus DPD Granat Maluku, dan juga melibatkan DPP Granat pusat, untuk memberikan materi.

“Hari ini (Kemarin), pengurus Granat DPD Maluku, dan Kota Ambon, bersama DPP pusat, kami melakukan seminar anti Narkoba di Universitas Darussalam Ambon, dengan tema ”Narkoba Jang Lai,”. Tujuan seminar ini untuk, bagiamana para Mahasiswa mereka lebih mengenal secara dekat, dampak dari pengunaan Narkoba seperti apa. Dan bagaimana resikonya,” ujar Sipahutar kepada media ini via seluler.

Menurutnya, program seminar tidak hanya dilakukan di Kampus Unidar, tetapi kedepan dilanjutkan ke perguruan tinggi lain di Kota Ambon. Sehingga semuanya bisa memahami dengan benar, dampak dari Narkoba. Dan bagimana upaya menghindarinya. Karena jika tidak dilakukan kegiatan-kegiatan seperti itu, tentu para mahasiswa ada sebagiannya, yang belum mengenal lebih jauh, apa itu Narkoba. Dan bagaimana dampkanya. Sehingga penting untuk dilakukan seminar, maupun sosialisasi.

Selain itu kata dia, Granat kota Ambon maupun Maluku, juga akan melakukan sosialisasi ke setiap sekolah khususnya untuk SMP dan SMA. Karena pada usia seperti itu, bisa dinamakan dengan usia coba-coba, dimana semua aktivitas apapun akan dilakukan. Tetapi untuk terjerumus sebagai penguna narkoba, itu yang harus diawasi oleh Granat.

“Ini kali pertama kita bersama DPP Granat pusat, melakukan seminar di Universitas Darussalam. Dan kedepannya bagian perguruan tinggi lain, semuanya harus mendapat bagaian, untuk dilakukan kegiatan yang sama. Selain itu, kami juga akan melakukanya ke sekolah-sekolah tingkat SMP/SMA khsuunya di Kota Ambon. Tujuanya agar bisa menghindari mereka yang masih berstatus pelajar ini, dari pangunaan Narkoba,” katanya.

Dia menambahkan, setelah dilakukan sosialisasi dan seminar, ke semua sekolah dan perguruan tinggi. Granat Kota Ambon kembali melakukan pemilihan Duta Anti Narkoba, untuk kalangan Pelajar Pemuda dan Mahasiswa. Sehingga dengan pemilihan itu, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi yang lain, untuk sama-sama menolak Narkoba, terutama dilingkungan sekitar, maupun di kalangan masyarakat nanti.

“Saya kira, kalau ada Duta Anti Narkoba disetiap perguruan tinggi, dan sekolah di kota Ambon, itu jauh lebih baik. Karena mereka bisa memerankan tugasnya dalam lingkungannya baik sekolah, maupun kampus, agar bisa menjadi contoh bagi lain, untuk harus seperti mereka. Dan ini sangat penting bagi Granat Kota Ambon, untuk diterapkan kedepan,” ungkapnya. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top