Seram Bagian Barat

Dualisme Pimpinan Di Disdukcapil SBB

rebut kursi discapil

SBB,MALUKU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seram Bagian Barat tengah dilanda prahara. Entah karena tak ingin jabatannya direbut, atau ada pihak dengan rakusnya ingin merebut kekuasaan, membuat Dinas yang berurusan dengan dokumen kependudukan itu harus memiliki dua Kepala Dinas.

Kepala Dinas Catatan Sipil SBB, Hengky Louhatapessy berdalih dirinya diangkat oleh SK Menteri Dalam Negeri dan tak harus diberhentikan dengan SK seorang penjabat bupati SBB (Ujir Halid). Sementara Demianus Ahiyate yang ditunjuk untuk menggantikan Louhatapessy, kini aktif mengikuti beberapa forum SKPD dengan menyandang status Kepala Disdukcapil SBB.

“ Saya diangkat oleh Mendagri menjadi Kepala Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil  lewat Keptutusan Mendagri No : 471-173 tahun 2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kota. Dan tak mungkin harus diturunkan hanya dengan SK Penjabat, “ Terang Louhatapessy yang dikonfirmasi INTIM NEWS Maluku, Rabu (22/3).

SK Mendagri Cahyo Kumolo mengangkat Louhatapessy sebagai Kepala Disdukcapil SBB, dengan lampiran Keputusan Mendagri nomor No : 471-173 tahun 2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kota. Louhatapessy, Penata tingkat I (IIID) jabatan lama, diangkat menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab.SBB.

Akibat dualisme kepemimpinan di Disdukcapil SBB, masyarakat setempat yang ingin mengurus dokumen kependudukan harus menahan hati, Pasalnya entah siapa yang berwenang membubuhi tandatangan pada dokumen Kependudukan masyarakat itu.

“ Ini pelayanan masyarakat tertunda. Informasinya sudah ada perintah dari Sekda dan Kepala BKD agar tak boleh memberikan dokumen apapun untuk saya tandatangani,” ujar Louhatapessy.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat, Mansur Tuharea yang dikonfirmasi terkait masalah itu, Rabu (22/3) mengungkapkan, pihaknya telah mengantongi Surat Keputusan Mendagri tentang pergantian Kepala Disdukcapil SBB dari Hengky Louhatapessy ke Demianus Ahiyate.

“SK Mendagri sudah ada. Pengganti Pak Ahiyate. Hari ini penyerahan, “Singkat Sekda diujung teleponnya. (IN-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top