Seram Bagian Barat

Dibawa Ke Politik Praktis,Pendiri Paguyuban HIMASANU Kecam Aksi di KPU Maluku

Yudin Hitimaa
Yudin Hitimala Sedang Berorasi dalam sebuah Demonstrasi

SBB,MALUKU- Aksi sebagian pemuda yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Adat Saka Mese Nusa (HIMASANU) di KPU Maluku, Kamis (9/3) dikecam salah satu pendiri paguyuban asal Kabupaten Seram Bagian Barat (HIMASANU) itu .

Adapun Yudin Hitimala yang mengaku sebagai pendiri HIMASANU menyayangkan dan mengecam apa yang dilakukan oleh Ketua HIMASANU Cs.

Baginya marwah HIMASANU adalah memperjuangkan hak hak masyarakat adat Saka Mese Nusa. Sebaliknya baginya apa yang dilakukan kemarin (Demonstrasi di KPU Maluku) merupakan langkah yang bertentangan dengan tujuan pendirian wadah HIMASANU.

Dia menilai, HIMASANU telah dibawa ke politik praktis untuk kepentingan kandidat tertentu, yang bertarung dalam pesta demokrasi (Pilkada) serentak 15 Februari lalu.

“Selaku pendiri yang juga merupakan pengurus inti paguyuban Himpunan Mahasiswa Adat Saka Mese Nusa (HIMASANU), saya mengecam oknum oknum yang mengatasnamakan HIMASANU yang melakukan demonstrasi di kantor KPUD Maluku kemarin, “ Ungkap Hitimala dalam realese yang diterima INTIM NEWS Maluku, Jumat (10/3).

Dikatakan, apa yang dilakukan oleh sekelompok pemuda itu telah mencederai tujuan dibentuknya HIMASANU.

“HIMASANU adalah wadah paguyuban yang dibentuk atas dasar semangat persaudaraan, berlandaskan nilai nilai keluhuran memperjuangkan hak hak masyarakat adat, bukan dibentuk atas dasar kepentingan politik, “ tambahnya.

Dia bahkan mengancam akan “pasang dada” melawan oknum oknum yang menggiring HIMASANU menjauh dari tujuan pembentukan paguyuban asal bumi Saka Mese Nusa itu.

Dia berharap langkah langkah segelintir oknum yang ada dalam wadah HIMASANU tak harus membawa organisasi itu pada politik praktis, karena itu akan mengkerdilkan HIMASANU di mata masyarakat Maluku, khususnya masyarakat adat Seram Bagian Barat.

“Ingat bahwa wadah ini dalam pembentukannya diwarnai prosesi adat yang sakral. Bila ada yang punya niat kotor untuk wadah ini, maka saya yakin akan ada konsekuensinya,” tandas Hitimala yang juga merupakan Ketua DPA Himpunan Pelajar Mahasiswa Pulau Buano (HIPMA Nusa Puan). (IN-08)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top