Pendidikan

BNPT sosialisasi pencegahan Terorisme libatkan Mahasiswa

radikalisme-dan-terorisme

AMBON,MALUKU – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Provinsi Maluku, Kamis (30/3) menggelar sosialisasi pencegahan radikal/terorisme yang berlokasi di Lee Green Hotel dengan melibatkan puluhan elemen mahasiswa di Kota Ambon.

Ketua FKPT Maluku, Ibrahim Uluputty kepada wartawan saat diwawancarai mengatakan sosialisasi pencegahan radikalisme atau terorisme di Maluku sangatlah penting. Hal tersebut sangat memerlukan peran semua pihak termasuk didalamnya mahasiswa. Untuk itu, saat ini focus sosialisasi FKPT tertuju pada mahasiswa di Kota Ambon.

Dia menjelaskan, saat ini jangkauan FKPT Maluku baru berkisar pada tataran Kota Ambon dan diharapkan pada tahun selanjutnya akan berkisar di 11 kabupaten/kota lainnya. Dia mengatakan, radikalisme terorisme adalah manusia yang menginginkan kegaduhan, oleh karena itu program sosialisasi mencapai segala level sehingga prosesnya diketahui secara luas.

“Intinya, FKPT bertugas untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat hingga paling bawah, sedangkan untuk penanganan kasus diserahkan ke pihak bewajib untuk diproses lebih lanjut sesuai kaidah hokum yang berlaku,”jelasnya.

Disamping itu, dalam kegiatan sosialisasi tersebut FKPT Maluku berhasil membentuk empat komunitas anti hoax diantaranya Pattimura Anti Hoax, BNPT Anti Hoax, Cakalele Hoax dan Save Hoax. Ibrahim mengharapkan, komunitas yang telah terbentuk itu bisa memberikan pelatihan secara internal maupun eksternal sehingga masyarakat juga mengetahui dampak buruk dari berita hoax tersebut. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top