Maluku Tenggara

BI Gandeng Pemda Malra Sosialisasi UMKM

Sekda Malra
Sekda Malra Petrus Beruatwarin

LANGGUR,MALUKU- Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Maluku menggandeng Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar sosialisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berlangsung di aula Hotel Grand Villia, Rabu (8/3).

Hadir dalam sosialisasi itu, Sekretaris Daerah Ir. Petrus Beruatwarin, Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku, Kepala BRI Cabang Maluku Tenggara, Kepala Bank Maluku, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Maluku Tenggara, para anggota dan pengurus UMKM se-Maluku Tenggara.

Sekretaris Daerah Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin mewakili Bupati dalam kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan, bagi pemerintah daerah sosialisasi yang dilaksanakan sesungguhnya mengandung peran yang sangat strategis dalam memperkuat pembangunan perekonomian di Maluku Tenggara. Selain itu, sosialisasi ini didasarkan atas pemikiran bahwa pembangunan UMKM adalah upaya peningkatan kapasitas ekonomi daerah dan pengendalian inflasi.

Dikatakan, dalam konteks penyelenggaraan pembangunan daerah, pilihan kebijakan ini sangat relevan dengan visi dan misi pembangunan daerah Maluku Tenggara sebagaimna tertuang dalam RPJMD 2013-2018 yakni perwujudan misi akselerasi pemberdayaan masyarakat yang menekankan perlunya peningkatan percepatan dan sinergitas pemberdayaan masyarakat dalam berwira usaha melalui Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK).

Lebih lanjut kata Sekda, dalam pembangunan UMKM, permasalahan yang sering dihadapi adalah masih tingginya tingkat ketergantungan terhadap bantuan pemerintah, masih lemahnya kemampuan manajemen usaha, masih rendahnya etos kerja produktif, dan terbatasnya akses terhadap modal usaha dan informasi pasar.

” Menjawab permasalahan dimaksud maka pilihan kebijakan dan peningkatan potensi kapasitas UMKM dan pengembangan semangat kewirausahaan bagi masyarakat sangat penting. Sehingga melalui pilihan kebijakan tersebut akan terwujud perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan, melalui potensi Maluku Tenggara tercinta ini,” ujarnya.

Dia berjanji, Pemerintah daerah dari waktu ke waktu terus berupaya untuk mendorong pembangunan UMKM melalui kerangka pembangunan yakni mewujudkan Maluku Tenggara yang mandiri.

” Pemda Maluku Tenggara akan tetap berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan UMKM melalui pola-pola pembinaan yang diikuti dengan menciptakan suasana yang kondusif bagi pertumbuhan dan pengembangan UMKM melalui kemudahan kredit lunak maupun melalui perbankan dan lembaga keuangan lainnya,” ujar Sekda (IN-12)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top