Pendidikan

92 Kepsek Malra Ikut Bimtek ProGAS SD

ProGas SD

LANGGUR,MALUKU – Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Maluku Tenggara bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Gizi Anak (ProGAS) di Sekolah Dasar (SD) tahun 2017. Kegiatan itu berlangsung di aula Hotel Kimson Center, Senin (6/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Maluku Tenggara Drs. Yunus Serang, M.Si, pimpinan dan anggota DPRD Maluku Tenggara, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Drs. Wowon Widaryat, M. Si, beserta staf, para staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Pimpinan SKPD se-Maluku Tenggara dan 92 (sembilan puluh dua) Kepala Sekolah Dasar yang ada di 6 Kecamatan Maluku Tenggara.

Wakil Bupati Maluku Tenggara Yunus Serang saat menyampaikan sambutan Bupati mengatakan, Maluku Tenggara dipercayakan oleh Kemendikbud RI sebagai tuan rumah pelaksanaan Bimtek ProGAS di SD tahun 2017.

“Saya berharap, semoga kegiatan ini menghasilkan SDM aparatur yang benar-benar memiliki potensi unggulan pengelolaan ProGAS di SD demi terciptanya generasi Indonesia yang sehat dan cerdas intelektual, cerdas emosi, cerdas spiritual dan cerdas sosialnya,” harap Wabup.

Sementara Direktur Pembinaan Pendidikan SD Wowon Widaryat mengatakan, pelaksanaan program kerja Kemendikbud tahun 2017 merupakan upaya untuk memenuhi amanah program kerja Presiden RI dan Wakil Presiden RI (Jokowi-JK) terkait Program Nawa Cita tahun 2017.

” ProGAS merupakan salah satu program unggulannya Presiden dan Wapres lewat Nawa Cita yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi belajar peserta didik, melalui kegiatan pemberian pendidikan gizi, peningkatan asupan gizi melalui sarapan sehat dan peningkatan pendidikan karakter, agar peserta didik mempunyai perilaku dan budaya hidup bersih dan sehat, serta membentuk karakter insan Indonesia yang tangguh dan berdaya saing”. Jelasnya.

Kegiatan ini juga, lanjut Wowon, menggunakan konsep partisipasi masyarakat serta tim kesehatan daerah sebagai komponen masyarakat yang mempunyai pengetahuan pada bidang penyuluhan kesehatan dan bimbingan masyarakat.

“Hal ini akan memberikan kesempatan bagi semua masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan terkait peningkatan gizi anak sekolah dan budaya hidup bersih bagi peserta didik khususnya dan masyarakat pada umumnya,” imbuhnya.

Dia berharap para kepala Sekolah Dasar yang terlibat dalam pelaksanaan Bimtek ProGAS ini mulai dari proses perencanaan, penyiapan, pelaksanaan dan evaluasi di masing-masing sekolah dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga terwujudnya Indonesia sehat dalam rangka membangun peserta didik yang mempunyai perilaku dan budaya hidup bersih dan sehat yang tangguh dan berdaya saing. (IN-12)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top