Kesehatan

Warning !! PT WLI Diminta Antisipasi Pencemaran Lingkungan

Ilustrasi Pengepul Udang

AMBON,MALUKU- Perusahaan Wahana Lestari Investama (WLI) di Desa Arara Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) diminta untuk sesegera mungkin mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap kemungkinan bahaya pencemaran lingkungan susulan yang diakibatkan oleh bertambahnya jumlah produksi.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Maluku Abdullah Marasabessy pekan kemarin.

Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pihak managemen perusahaan guna mengkroscek laporan yang dimasukan oleh masyarakat setempat terkait dengan adanya pencemaran lingkungan.

“Kita sudah bertemu langsung dengan managemen perusahaan udang di Desa Arara itu dan mengecek kebenaran laporan yang dimasukan oleh masyarakat terkait dengan adanya proses pencemaran lingkungan,”katanya.

Menurutnya, pihak perusahaan tersebut telah mengakui pada tahun 2015 lalu memang terjadi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh tingginya volume produksi perusahaan sehingga limbah perusahaan menumpuk melebihi penyangga dan akhirnya masuk ke muara kali yang airnya digunakan oleh masyarakat untuk kelangsungan hidup.

Politisi Partai Nasdem ini menuturkan, jumlah limbah yang dihasilkan pada tahun 2016 mengalami pengurangan akibat sedikitnya jumlah produksi udang yang didapati oleh pihak perusahaan. Kendati demikian, Komisi mendesak agar perusahaan mengantisipasi kemungkinan naiknya jumlah produksi di tahun 2017 dan 2018 mendatang.

“Kita sarankan agar perusahaan dapat mengambil langkah cepat guna mengantisipasi kemungkinan adanya peningkatan produksi sehingga mengakibatkan tingginya volume limbah yang dihasilkan di tahun ini dan tahun mendatang,”katanya.

Selain itu, pihaknya meminta agar perusahaan segera memperbaiki saluran pembuangan limbah sehingga jalur pembuangan lebih terarah dan tidak mencemari lingkungan air sekitar.

“Hal yang menjadi persoalan utama yakni perusahaan harus segera mungkin melakukan perbaikan atas saluran pembuangan limbah sehingga tidak mencemari wilayah air sekitar,”tandasnya. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
To Top