Community

Van Dijk Band, Melodi Maluku dari Negeri Belanda

Melodi Dari Belanda

INTIM NEWS- Siapa bilang budaya dan musik Indonesia ketinggalan zaman dan kuno? buktinya sebuah keluarga musisi di Belanda sangat tertarik pada musik tradisonal Indonesia, khususnya musik dari tanah Maluku.

Mereka adalah Van Dijk Band, Van Dijk Band adalah sebuah band yang personelnya satu keluarga asal Pulau Marken, dekat Kota Amsterdam, Belanda.

Van Dijk Band terdiri dari trio vocal Floor, Sofie dan Cato yang dipadu dengan Joost (vocal/drum/gitar) serta sang ayah Paul van Dijk (gitar).

Bnad keluarga asli Belanda ini tidak ada hubungan darah sama sekali dengan Indonesia, tapi sangat mencintai musik Maluku. Ini dikarenakan sang ayah, Paul pernah berkerja sebagai dokter di Ambon pada 1977, sejak saat itulah ia jatuh cinta pada Ambon, musik Maluku khususnya.

Paul pun pulang ke Belanda dan sering memutarkan musik Maluku saat anak-anaknya masih kecil, dan jadilah satu keluarga yang mencintai musik Maluku.

Van Dijk Band sangat digemari di Belanda karena gendre musiknya yang khas dan berbeda dengan band yang lain, pada 2009 Van Dijk Band akhirnya sukses tampil untuk pertama kalinya di Ambon,

Mereka banyak membawakan musik dari tanah Maluku seperti: Hujan Sore-Sore, Gepe Dia Sampe Lombo, Laju-Laju Sampai Surabaya, Beta Balayar Sampai Jaoh, Ole Sio, Ayo Mama Gendong Beta. Dan masih banyak lagi. Pada tahun Pada tahun 1994 mereka pernah berkunjung ke Maluku bersama keluarganya. Anaknya yang bernama Cato bahkan tidak mau kembali ke Belanda. (IN/Web)

Ingin lihat aksi mereka ? Nonton Video berikut :

Print Friendly, PDF & Email
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com