Politik

Paparissa Baru & Pantas Klaim Basis di Kampanye Akbar

Pilkada-serentak-2017

AMBON,MALUKU-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menentukan penutupan masa kampanye yang ditandai dengan kampanye akbar masing-masing kandidat secara terbuka itu, rupanya menyimpan seribu tanya. Apakah kampanye akbar memberikan pencerahan politik ataukah hanya sekedar beradu massa terbanyak.

Kampanye Akbar Paparissa Baru

Kampanye Akbar Paparissa Baru

Kampanye akbar yang dilakukan lebih awal oleh pasangan Richard Louhenapessy – Syarif Hadler (PAPARISA BARU), Jumat kemarin diperkirakan diikuti oleh 21.000 orang sehingga lapangan yang menjadi pusat penyelenggaraan kampanye akbar itu terlihat padat. Kendati pada sisi kiri terlihat melengah lantaran terik matahari yang menikam sehingga sebagian masyarakat memilih berteduh, namun pada bagian depan panggung utama, tengah dan bagian belakang menyemut.

Dalam orasi yang dilakukan oleh tiga partai pengusung yakni Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang diwakili oleh masing-masing delegasi yakni Golkar dihadiri langsung oleh Asis Samual, Marleen Petta, dan Said Assagaff selaku Ketua DPD Provinsi Maluku, sedangkan PPP langsung mendatangkan Koordinator  Wilayah untuk Indonesia Timur HM. Amir Uskara. Menariknya, dalam orasi Korwil DPP PPP untuk Indonesia Timur, HM Amir Uskara dalam orasi politiknya mengatakan pihak DPP masih memberikan waktu hingga H-1 penyelenggaraan Pilkada bagi kader PPP yang masih membangkang. Penyataan ini tentunya dilontarkan kepada Ketua DPC PPP Kota Ambon, Roffik Akbar Affifudin yang dianggap bersengketa dan tidak mendukung secara penuh kader yang diusung oleh partai berlambang Ka’bah itu.

Sedangkan, Ketua DPD Golkar Maluku, Said Assagaff secara terang-terangan menyatakan siap melawan pasangan PANTAS dalam perhelatan pilkada 15 Februari mendatang. Disamping itu, Richard dan Syarif yang melakukan orasi bersamaan menyatakan siap memenangkan kontestasi politik di Kota Ambon. Dia mengatakan, selama ini dirinya menerima fitnahan, caci maki dari pasangan lainnya namun dirinya tetap tenang seraya bermohon kepada Tuhan sehingga memperlancar langkahnya menjadi pemimpin di Kota Ambon.

Kampanye akbar Pantas

Kampanye akbar Pantas di Lapangan Merdeka Ambon

Di hari berbeda, Pasangan Pauluas Kastanya – Sam Latuconsina atau yang akrab disapa dengan jargon PANTAS itu melakukan kampanye akbarnya pada Sabtu kemarin. Pasangan yang diusung oleh delapan partai itu menurunkan juru kampanye terbaiknya, diantaranya Mantan Gubernur Maluku Karel Ralahalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati MBD Barnabas Orno. Massa pendukung yang datang untuk melakukan kampanye akbar ditakar seimbang dengan kandidat PAPARISA BARU.

Mantan Gubernur Maluku dua periode, Karel Alberth Ralahalu yang berperan selaku Jurkam dalam kampanye akbar pasangan PANTAS tersebut dalam orasi politiknya menyampaikan terimakasih kepada seluruh kader partai, juga kepada seluruh masyarakat khususnya pada pemilih pemula yang belum menetapkan pilihan maupun kepada masyarakat yg tidak hadir.

“Saya yakin bahwa seluruhnya menetapkan piligan kepada pasangan nomor urut dua. Tiga bulan sdah kita melakukan kampanye dari desa ke desa di seluruh kecamatan, dan telah menyampaikan visi-misi serta program kerja kepada msyarat, maka kami yakin masyarakat akan memberikan pilihan kepada pemimpin yang berkualutas dan berkomitmen,” ujar Ralahalu.

Mantan ketua DPD PDI-Perjuangan Maluku itu menegaskan seluruh kader, anggota dan dimpatisan partai bertajuk moncong putih telah berkomitmen memenangkan pasangan PANTAS di Kota Ambon, karena pasangan Poly-Sam setelah dievaluasi rekam jejak dan kariernya dalam membangu Daerah telah teruji, dan kedua yokoh tersebut merupakan figur muda yang berkualitas untuk membangun dan membawa Kota Ambon yang lebih baik kedepannya.

“Kami percaya, kami yakin sungguh bahwa pak Poli Kastanya dan pak Sam adalah pasangan yang ideal untuk menjawab masalah kota Ambon dimasa mendatang. Jadi masyarakat harus betul-betul menentukan calon yang berkomitmen dan jujur serta punya rekam jejak yang baik untuk membangun Kota Ambon,” tandasnya.

Wakil Sekretaris DPD partai Demokrat Maluku, Melky Frans dalam kesempatan yang sama juga menegaskan bahwa hitungan matrmatika politik seperti apapun, pasangan PANTAS akan menang pada kontestasi politik Kota Ambon ini. Alasannya sederhana, sembilan partai politik melawan tiga partai politik itu dimana-mana yang punya jumlah kursi terbanyak pasti menang.

“Sembilan partai politik secara tertulis memberikan rekomendasi dukungan politis kepada PANTAS, itu berarti secara faktual mrmberikan dukungan kepada pasangan nomor urut dua. Jadi kami yakin, bahwa padangan dengan slogan ‘Bisa Biking Labe’ bakal mrmenangkan pertarungan politik kota Ambon,” tegasnya.

Dia mengatakan, Keputusan Demokrat hanya satu yakni menangkan PANTAS. Dari DPD dan DPC serta simpatisan partai Demokrat akan bekerja untuk pemenangan PANTAS. Itu instrukdi partai, dan kader serta simpatisan partai telah solid menjalankan perintah partai.

“Saya yakin seluruh masyarakat Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, MTB dan MBD yang berada di Kota Ambon siap menangkan PANTAS. Catatan demokrat, seluruh kader diwajibkan memenangkan nomor urut Dua,” pungkasnya.

Ketua DPD Gerindra Maluku, Hendrik Lewerissa mengatakan, kalau antusias dan semangat rakyat kota Ambon yang hadir seperti ini, maka partai Gerindra tidak ragu-ragu akan kedua figur tersebut. Alasanya, karena mereka adalah figur birokrasi yang meniti karirnya dari struktur palibg bawah. Karena itu mereka akan mengbadikan dirinya untuk manjadikan Kota Ambon lebih baik lagi.

“Tanggal 15 februari ada dua kapal yang akan berlayar, yakni KM.PANTAS dengan nomor lampu 2 dengan dan 9 mesin serta 25 ABK Dan kapal satunya lagi saya tidak tau namanya, nomor lampunya juga tidak tau, tapi yang saya tau mesinnya 3 dan 10 ABK. Jadi kalau mau berlayar ke Kota Ambon, harusnya kita memilih KM.PANTAS agar perjalanan aman dan terjaga, karena dengan 9 mesin, 25 ABK tentu pelayanannya lebih nyaman, jelas dan lebih cepat dan lebih laju untuk membawa masyarakat ke kota yang lebih baik,” tandasnya

 Sementara itu, Mewakili Ketua umum PDI-P, Ganjar Pranowo, yang adalah Gubernur Jateng menandaskan bahwa kedatangannya diutus untuk memberikan dukungan kepada calon nomor urut 2 yang memang PANTAS untuk memenangkan Pilkada ini. “Ada beberapa Daerah yang menjadi pilihan bagi saya untuk berkampanye mewakili Ketua Umum, Ibu Megawati, namun karena Ambon telalu manis untuk dilupakan, makanya saya memilih untuk mengikuti kampanye akbar disini. Lihat saja gong perdamaian yang dimana dari kota Jepara Jateng berpindah ke Kota Ambon, gong ini hadir untuk mempertahankan kedamaian yang simbolnya adalah jari dua jari. Kepada pasangan tidak ada kata menyerah, dan semangat yang menyala-nyala hari ini bisa membawa kemenangan. Dan menang adalah permulaan awal untuk Kota Ambon yang lebih maju. Hanya pemerintahan yang berwibawa dan berwibawa yang akan dipercaya oleh masyarakat,” paparnya. (IN-04)

 

Print Friendly, PDF & Email
To Top