Politik

PAPARISA BARU Unggul Di Beberapa Kecamatan di Ambon

rekapitulasi

AMBON,MALUKU – Hasil pleno perhitungan tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Nusaniwe menempatkan pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler (PAPARISA BARU) Unggul dengan perolehan suara sebanyak 23.298. Terjadi selisih 2.479 suara dan mengalahkan pasangan Paulus Kastanya-Sam Latuconsina (PANTAS) yang hanya meraih suara sebanyak 20.819 suara.

Informasi yang berhasil dihimpun INTIM NEWS Maluku di Kantor Kecamatan Nusaniwe, Minggu (19/2) kemarin, Ketua PPK NUsaniwe Revo Gaspersz membuka perhitungan lanjutan sekitar pukul 10.30 wit dengan agenda pembersihan rekap hitung suara per desa/kelurahan di Nusaniwe yang dihadiri langsung oleh Panwascam Alexander Latuperissa dan rekannya. Hadir pula saksi dari kedua saksi pasangan calon untuk mensahkan hasil rekapitulasi suara di kecamatan basis besar kedua di Kota Ambon ini.

Dari rekapitulasi angka suara sah yang masuk dan telah dilakukan perhitungan tingkat masing-masing TPS, rupanya menempatkan keunggulan PAPARISA BARU dibanding dengan pasangan PANTAS. Data resmi yang diperoleh terlihat pasangan PANTAS hanya mendominasi beberapa wilayah di Nusaniwe seperti Kelurahan Urimessing, Kudamati, Latuhalat, Negeri Nusaniwe dan Kelurahan Silale. Kendati suara pada lokasi tersebut mendominasi namun dewi fortuna masih memihak pada pasangan yang diusung oleh tiga partai koalisi itu lantaran angka yang disumbang PAPARISA BARU tidak berbeda jauh.

Data lengkap yang diterima media ini usai perhitungan, pada Negeri Amahusu Pasangan PAPARISA BARU unggul dengan 1.618 suara sedangkan PANTAS hanya unggul dengan 1.154 suara. Pada Kelurahan Benteng pasangan PAPARISA BARU itu mendulang suara fantastis yakni 4.489 suara meninggalkan rivalnya diangka 3.125 suara. Selain itu, pada Kelurahan Nusaniwe, pasangan PAPARISA BARU juga mendominasi 2.308 suara dan PANTAS hanya mampu meraih 1.630 suara.

Kampanye Akbar Paparissa Baru

Kampanye Akbar Paparissa Baru

Pada Kelurahan Urimesing pasangan PANTAS unggul dengan 741 suara dan PAPARISA BARU 712 suara. Bukan hanya itu di Kudamati PANTAS juga menuai 4.101 suara sementara PAPARISA BARU memperoleh 3.661 suara. Sementara itu, pada wilayah Negeri Latuhalat pasangan PANTAS meraih 2.564 suara sedangkan PAPARISA BARU harus bulat di 2.200 suara. Pada Kelurahan Mangga Dua PAPARISA BARU menciptakan selisih 300 suara dan mendulang 1.050 suara sedangkan PANTAS hanya di 726 suara.

Selain itu, pada Negeri Nusaniwe PANTAS unggul dengan 838 suara sementara PAPARISA BARU hanya mampu di 765 suara. Sedangkan itu pada Negeri Urimessing PAPARISA BARU unggul 1.917 suara sedangkan PANTAS hanya di 1.709 suara, menyusul kemenangan PANTAS di Negeri Seilale dengan 392 suara sedangkan PAPARISA BARU main di 382 suara. Untuk Kelurahan Silale PANTAS unggul dengan 843 suara sedangkan PAPARISA BARU di 764 suara. Menariknya pada Basis Gubernur Maluku Said Assagaff di Kelurahan Waihaong, orang nomor satu di Maluku itu mampu menciptakan selisih angka dan memenangkan PAPARISA BARU dengan angka 1.288 suara sedangkan PANTAS hanya di 1.014 suara. Untuk menutup kemenangan PAPARISA BARU juga unggul di Kelurahan Wainitu dengan jumlah 2.144 suara dibandingkan dengan PANTAS yang maraih 1.982 suara.

Rekapitulasi Kec.Sirimau

Kemenangan pasangan PAPARISA BARU juga terlihat di Kecamatan Sirimau. Dari data yang peroleh pada kelurahan Batumerah pasangan PAPARISA BARU berhasil mendapat 7.438 suara sedangkan PANTAS yang mengklaim kemenangan di daerah tersebut hanya mampu memperoleh 5.252 suara. Lain halnya pada Kelurahan Batu Gajah. Pasangan PANTAS mampu meraih 1.300 suara sementara PAPARISA BARU berhasil unggul dengan peroleh 2095 suara. Di Kelurahan Batumeja, Pasangan PAPARISA BARU unggul dengan 2.376 suara sementara PANTAS hanya mampu mendapatkan 1.601 suara, Untuk Kelurahan Karang Panjang, Pasangan PAPARISA BARU mendulang 1.903 suara sedangkan PANTAS hanya mampu meraih 1114 suara. Kemenangan tersebut pun di tunjukkan pada kantong wilayah Kelurahan Pandan Kasturi yang menempatkan PAPARISA BARU pada posisi 645 suara dan PANTAS 298 suara.

Untuk wilayah Hative Kecil PAPARISA BARU meraih 836 suara dan PANTAS 749 suara. Untuk Kelurahan Galala PAPARISA sapu bersih suara dengan kejayaan 574 suara dan PANTAS 270 suara. Untuk Kelurahan Uritetu PAPARISA BARU mendulang 202 suara dan PANTAS 114 suara. Bukan hanya itu, Kelurahan Honipopu pasangan yang diusung oleh tiga parpol itu harus menerima kekalahan dengan angka selisih yang tidak terlalu jauh yakni 673 suara dan PANTAS tertinggi dengan perolehan 817 suara.

Di Kec. Teluk Ambon

Pasangan Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler tupanya bukan hanya menang pada dua kecamatan pemilik basis terbesar di Kota Ambon, namun hampir mendominasi suara di Kecamatan Teluk Ambon. Dari data yang berhasil dihimpun media ini, rekapitulasi perhitungan suara tingkat PPK setempat mengungguli pasangan dengan jargon PAPARISA BARU.

Dari delapan desa/kelurahan di Kecamatan Teluk Ambon, pasangan PAPARISA BARU unggul di 7 desa sementara PANTAS hanya diberi ruang untuk menang pada Desa Laha dengan poin 1.077 suara.

Di Desa Hunuth/Durian Patah pasangan PAPARISA BARU unggul dengan 749 suara sedangkan PANTAS hanya muncul dengan 724 suara. Lain dengan perolehan suara di Desa Poka. Pasangan yang diusung oleh 3 partai politik ini mampu kanvaskan rivalnya yang diusung oleh 9 parpol dengan angka diatas seribu. Dari data yang diperoleh, PAPARISA BARU meraih 1.230 suara sedangkan PANTAS hanya mampu di level 935 suara.

Pada Desa Tihu, PAPARISA BARU kembali unggul dengan perolehan 235 suara sedangkan PANTAS hanya mampu meraih 134 suara. Selain itu, di Desa Rumah Tiga, Pasangan PAPARISA BARU unggul dengan skor 2.094 suara sedangkan PANTAS hanya meraih 1.663 suara. Demikian halnya di Desa Wayame. Wilayah yang merupakan basis dari Ketua DPD Hanura Maluku Ayu Hindun Hasanusi juga kalah saing dengan pasangan PAPARISA BARU. Salah satu parpol pengusung pasangan PANTAS itu hanya mampu membawa kemenangan 966 suara bagi PANTAS sedangkan pasangan PAPARISA BARU melaju di angka 1.592 suara. Sungguh aneh bin ajaib, kemenangan PAPARISA BARU bisa mengalahkan 9 partai yang ada dibelakang pasangan PANTAS.

Selain itu, di Desa Tawiri dan Desa Hatiwe mampu menyumbang 3.141 suara bagi pasangan PAPARISA BARU sedangkan pasangan PANTAS hanya meraih 2.415 suara. Ditambah dengan sumbangan suara dari Desa Laha Pasangan PAPARISA BARU hanya mampu meraih 889 suara sedangkan PANTAS unggul dengan 1.077 suara. Untuk total suara pasangan PAPARISA BARU meroket dengan posisi 9.930 sedangkan PANTAS kandas di angka 7.916 suara.

Rekapitulasi Kec.Baguala

Sementara itu, data yang berhasil dihimpun media ini, hasil rekapitulasi suara di Kecamatan Baguala menempatkan posisi Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler di posisi teratas dengan jumlah 12.456 suara sedangkan Pasangan Paulus Kastanya- Sam Latuconsina atau biasa disapa dengan akronim PANTAS itu hanya mendulang tipis sebanyak 11.136 suara.

Berdasarkan data, Desa Lata pasangan PAPARISA BARU mendulang 398 suara sedangkan pasangan PANTAS meraih 464 suara. Untuk Desa Negeri Lama PAPARISA BARU mendapatkan 402 suara dan PANTAS 446 suara. Bukan hanya itu di Desa Nania PAPARISA BARU beri 691 suara sedangkan PANTAS melejit dengan angka 999 suara.

Selain itu, di Kelurahan Lateri PAPARISA BARU berhasil meraih 1.763 suara sementara PANTAS hanya 1.050 suara. Untuk wilayah Waiheru PAPARISA BARU mendulang suara 1.970 suara sedangkan PANTAS 2.111 suara. Sedangkan untuk wilayah Halong pasangan PAPARISA BARU unggul dengan 2.658 suara sementara PANTAS 2007 suara dan untuk basis Desa Passo pasangan PAPARISA BARU unggul dengan suara 4.574 suara dan meninggalkan rivalnya di angka 4.057 suara. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top