Pendidikan

MENPORA : Hadapi MEA Pemuda Maluku Perlu Peningkatan SDM

Menpora dalam Dialog Kepemudaan
Menpora, Imam Nahrawi (Kanan), Ketua Pemuda Muhamadiyah Maluku, Farham Suneth (Kanan)

AMBON,MALUKU- Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pemuda Maluku butuh meningkatkan kemampuan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam semua bidang. Pasalnya jika SDM tidak dipersiapkan secara matang maka pemuda akan tenggelam dalam persaingan global.

Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (MENPORA) Imam Nahwari saat memberikan ceramah pada dialog kepemudaan yang dilaksanakan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Maluku di Ambon (28/2).

“Dalam MEA tidak hanya barang yang diperdagangkan, namun juga tenaga profesional. Dengan begitu pemuda harus memiliki potensi profesional yang dapat bersaing di dunia global khususnya kawasan ASEAN ini,” jelasnya.

Ia menegaskan, p‎emuda sebagai agen perubahan harus mampu menaklukan dunia sesuai dengan perannya. Sedangkan mahasiswa belajar dan berorganisasi untuk meningkatkan kapasitasnya.

“Peningkatan SDM mampu memberi ruang bagi pemuda untuk mengasah kemampuannya dalam bermasyarakat dan bernegara serta bersaing secara global,” papar Menpora.

Ditambahkannya, kendati peran dominan meningkatkan SDM milik pemerintah, bukan berarti seluruh tanggung jawab berada di tangan pemerintah. Justru sebaliknya, perlu kesadaran bahwa efek dari MEA akan dirasakan langsung oleh masyarakat dan tanggung jawab untuk berpartisipasi dan mempersiapkan diri menjadi milik bersama.

“Mahasiswa harus meningkatkan kompetensi baik soft skill maupun hard skill, sebab efek besar dari MEA akan dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia” ungkapnya. ‎

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa IAIN dan perwakilan dari organisasi cipayung se-Maluku. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com