Maestro

Lahir di Seram Timur Maluku, Kini Jadi Konglongmerat Kota Daeng

2134

INTIM NEWS – “Saya ingin Wajah Karebosi itu cantik, tidak banjir kalau musim hujan. Tidak Kumuh “ .

Memakai kopiah hitam duduk dibelakang Presiden ke 7 RI Joko Widodo saat pelaksanaan muktamar muhamadiyah berlangsung yang dipusatkan dilapangan Karebosi, siapa sangka sosok Hasan Basri yang lahir di pedalaman Maluku, berpenampilan sederhana adalah owner PT Tosan Permai Lestari. Pria yang putus pusa di Desa Geser itu ternyata punya visi yang luar biasa dalam membangun ekonomi Makassar, melalui empat  Mega Mal nya yang menyerap ribuan UMKM.

Tangan dinginnya mampu mendesain kota Makassar menjadi kota dunia, ditangannya pula dia mampu menyulap lapangan Karebosi yang dulunya kumuh menjadi kawasan ikon wisata kota Makassar. Bang Hasan merupakan innovator dalam memoderenkan lapangan Karebosi. Tak heran Hasan pula pernah menyandang predikat sebagai tokoh Inovatif, dan predikat MURI sebagai tokoh penggagas Mall bawah Tanah pertama di Indonesia. Di bidang usaha, Bang Hasan dikenal sebagai pelopor UMKM di Kota Makassar.

Mewujudkan Karebosi sebagai ikon kota Makassar tidaklah mudah bagi Bang Hasan. Butuh investasi besar ditengah keterbatasan dana. Dengan tekad memperindah lapangan Karebosi, Bang Hasan berhasil membawa bendera PT Tosan Permai Lestari tahun 2007 memenangkan tender untuk memperindah lapangan Karebosi.

Pria berambut putih itu berupaya semaksimal mungkin untuk menghimpun dana mewujudkan Karebosi yang indah.

Misinya untuk membangun kota Makassar sekelas dunia memang tak berhenti disitu saja, bang Hasan juga melakukan pengembangan investasi di bidang perhotelan, yang diberi nama  Karebosi Kondotel , yang bernuansa Singapura.

Hasan Basri Tho lahir di Kecamatan Geser, Kabupaten Seram Timur Maluku (Dulunya Maluku Tengah), memperistri Linda Suryati (Almh) dan Martha Yosephin. Dia memiliki 6 buah hati, Rita Suryati, Nurdin Basri (Alm) Jafar Basri, Hanson Basri, Tajuddin Basri, Handoko Basri.

Jabatan yang disandangnya, Komisaris PT Tosan permai Lestari, Komisaris PT Karebosi Inti Lestari.  (**)

Sumber : 100 Tokoh Susel 2015-2016  

Print Friendly, PDF & Email
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com