Pendidikan

Jogyakarta Jadi Wilayah Prakerin Siswa SMK 7 Ambon

prakerinsmk

AMBON,MALUKU – Sebanyak 156 siswa asal SMK Negeri 7 Ambon, Senin (6/2/2017)

dilepaskan oleh pihak sekolah untuk mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerin).

Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Ambon, Drs, Saiful MM kepada media ini mengatakan,kegiatan Prakerind telah menjadi sebuah kewajiban sekolah sebagai bentuk prasyarat pemenuhan keahlian.

Tujuan dari kegiatan Prakerin ini yakni untuk menggali, menambah serta mensinkronkan berbagai pengalaman yang telah didapati di sekolah.

“SMK 7 setiap tahun pada awal bulan Pebruari melaksanakan program prakerind, tentu kegiatan ini penting dalam rangka implementasi program keahlian yang telah didapati sekaligus mencari pengalaman di dunia usaha/industri,”ujar Saiful.

Dia mengatakan, 156 siswa ini akan dibagi habis pada 40 dunia usaha yang telah terinventarisir baik di Ambon maupun di luar. Selain itu dari 156 siswa, ada sekitar 17 orang yang akan melaksanakan prakerin di luar daerah seperti di Jogjakarta.

“Kita sudah bekerjasama dengan 40 dunia usaha/industri untuk menampung dan mempraktekan ke-156 siswa ini, untuk diluar Ambon yakni Jogjakarta ada 17 siswa dari berbagai program study seperti Teknik Kerja Jaringan (TKJ) dan Multimedia ” Tandasnya.

Saiful menambahkan, pihaknya akan melakukan Momerandum of Understanding (MoU) dengan berbagai dunia industri. MoU ini bertujuan agar siswa yang melakukan prakerin bisa mendapat sertifikat.

“Selama tiga bulan mereka di dunia industri,kita juga akan melakukan MoU sehingga para siswa yang melakukan praktek bisa mendapatkan sertifikat,itu artinya siswa kita siap dipakai untuk bekerja,”tambahnya.

Dia mengharapkan, para siswa dapat menanamkan dan menunjukan sikap kedisiplinan,etika moral yang baik.

“Apa yang didapati bisa diimplementasikan atau sebaliknya siswa dapat menggali berbagai ilmu dalam dunia usaha, karena kalau bicara soal industri biasanya kompetensi yang didapati di sekolah tentunya masih minim dan itu perlu diisi dengan ilmu yang didapati pada dunia industri. Intinya siswa diharapkan agar dapat menanamkan serta menunjukan sikap yang baik semasa mengikuti prakerind,”tandasnya. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
To Top