Nasional

Ini Oleh Oleh Presiden Jokowi Untuk Siswa Siswi Maluku

Kartu Indonesia Pintar

AMBON,MALUKU – Sambangi Propinsi dengan julukan Al Mulk Presiden Republik Indonesia seperti biasanya punya kejutan untuk masyarakat Maluku. kali ini Presiden ke-7 Republik Indonesia itu punya surprise bagi dunia pendidikan di Maluku.

Sebanyak 1,265 siswa di Kota Ambon mulai dari tingkatan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), Rabu (8/2) kemarin mendapatkan kartu Indonesia pintar yang langsung diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Lapangan Upacara SMP Negeri 2 Ambon.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dalam laporannya mengatakan, kartu indonesia pintar yang telah dibagikan kepada pelajar di Maluku sebanyak 1,265 orang guna merangsang dan membantu tingkat pendapatan orang tua dalam menyekolahkan anaknya.

Puan dalam laporannya juga mengatakan, Kartu Indonesia Pintar ini dibagikan dengan nominal berbeda untuk setiap tingkatan. Secara rinci jumlah pendapatan per tingkatan diantaranya untuk jenjang SD mendapatkan uang sebesar Rp450.000, untuk jenjang SMP sebesar Rp750.000 dan SMA/SMK berjumlah Rp1.000.000 per anak.

Disamping itu, kartu ini secara umum akan diberikan bagi 16,4 juta anak di seluruh Indonesia dan mengalami peningkatan sebesar 17,9 juta anak di Indonesia. Untuk anak yatim piatu di Indonesia yang berjumlah 896.000 anak, namun yang baru terdistribusi sebanyak 158.000 anak, sedangkan 736.000 anak yang ada di panti asuhan akan dibagikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia ini.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya mengharapkan agar anak didik terus meningkatkan kepintarannya selama mendapatkan ilmu di sekolah. Dia juga menyarankan kepada siswa agar menggunakan KIP ini dengan sebaiknya sesuai dengan kebutuhan.

“Jangan pergunakan untuk hal-hal lain yang tidak ada kaitannya dengan dunia pendidikan siswa,”ungkap Orang nomor satu di Nusantara ini.

Dalam ramah tamah orang tersohor ini dengan para siswa, Joko Widodo menyumbang 22 buah laptop guna membantu proses belajar mengajar siswa di SMP Negeri 2 Ambon. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
To Top