Seram Bagian Barat

Hasil Pleno KPUD, YAKIN Menangi Pilkada SBB

Pleno KPUD SBB
Rekapitulasi penetapan dan pengumuman hasil perhitungan suara pada Pilkada Kabupaten Seram Bagian Barat

SBB,MALUKU- Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (KPUD SBB), melaksanakan Pleno Rekapitulasi penetapan dan pengumuman hasil perhitungan suara pada Pilkada Kabupaten Seram Bagian Barat Jumat (24/2/2017).

Pleno yang berlangsung di kantor KPUD SBB, jalan Niniari itu, menetapkan kadidat dengan nomor urut 4, Drs. Moh. Yasin Payapo dan Timotius Akerina. SE. MSi ( YAKIN ) pada posisi teratas dari ketiga kompetitornya dengan perolehan 40.831 suara atau dengan presentase 37,18%.

Sementara yang berada dibawah pasangan YAKIN yakni pasangan dengan jargon INA AMA (Samson R Atapari SH dan M Sufi Majid. ST. MSi) dengan 30.720 suara dengan presentasi 27,98%.

Posisi ketiga diikuti oleh kandidat dengan nomor urut 1 Drs. Paulus Samuel Putilehalat dan Hi. Amirudin, SE ( RODAL) dengan perolehan 24.413 suara dengan presentase 22,23%.
Sementara yang menjadi juru kunci yakni pasangan nomor urut 3, Sanadjihitu Tuheteru. SE dan Drs. Petrus Izaach Suripatty. MSi ( TUNTAS) dengan jumlah perolehan suara sebanyak 13.846 dengan presentasi 12,61%.

Rekapitulasi suara pada tahap akhir ini memastikan bahwa kandat dengan nomor urut 4 Drs.Moh Yasin Payapo dan Timotius Akerina ( YAKIN ) keluar sebagai pemenang Pilkada SBB.

Walaupun proses rekapitulasi suara tingkat Kabupaten SBB dihujani intrupsi dari ketiga saksi pada akhirnya ditetapkan dan di sahkan oleh komisi pemilihan umum daerah ( KPUD) Seram Bagian Barat, dengan Surat Keputusan Nomor 36./Kpts/KPU.kab.029.43364/II/2017.

Keberatan Saksi Tak Pengaruhi Putusan KPUD SBB

Sementara itu, Ketua KPUD SBB, Ahmad Silehu saat mengatakan, keberatan saksi dari tiga pasangan calon (RODAL, INA AMA, dan SHT) sama sekali tidak akan mempengaruhi keputusan KPU untuk menetapkan dan mengesahkan hasil rekapitulasi suara.
“Jika ada keberatan dari pihak saksi maka hal itu dapat di tempuh melalui jalur hokum di MK nantinya,” tutupnya. (IN-16)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top