Maluku Tenggara

Gandeng Pemkab Malra, Dirjen PDT Sosialisasi Pengelolaan BUMO

16651291_181240759028345_1474502945_o

MALRA,MALUKU- Selain mendapat bantuan berupa satu unit kapal tangkap, pabrik ice (es) dan cold storage dari Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementrian Desa PDT kemarin, pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan Dirjen PDT juga memberikan pelatihan terhadap kepala-kepala desa beserta perangkatnya  terkait pengelolaan Badan Usaha Milik Ohoi (BUMO) yang berlangsung selama II (dua) hari.

Nawacita ke-III Presiden RI, Ir. Joko Widodo adalah membangun daerah-daerah dalam kerangka NKRI yang dimulai dari kawasan pedesaan.

“atas arahan dan perintah presiden m16651816_181796098972811_273800733_naka saya langsung turun ke-Maluku Tenggara untuk menyerahkan bantuan tersebut,” terang Dirjen Kementrian Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementrian Desa dan PDT Johozua Yaltuwu. M. Si. MA kemarin.

Berdasarkan hal itu, pihaknya saat ini telah memfasilitasi  434 kabupaten se-Indonesia yang meliputi 75.000.000 desa, termasuk desa-desa di Kabupaten Maluku Tenggara.

Kehadirannya di Kabupaten Maluku Tenggara adalah untuk memenuhi permintaan bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun, untuk mensosialisasikan Bungdes atau dalam sebutan masyarakat Maluku Tenggara “BUMO” kepada perangkat desa se-Maluku Tenggara.

“ Ini peluang dan kesempatan yang sangat bagus bagi BUMO di Maluku Tenggara, untuk itu saya berharap seluruh masyarakat maupun perangkat desa dan pemerintah Kabupaten mendukung sepenuhnya kegiatan ini, karena tujuannya sangat baik untuk peningkatan taraf ekonomi masyarakat desa,” jelasnya

Kata dirjen, tahun depan ADD akan naik dua kali lipat dari ADD tahun ini. Olehnya itu, dia berharap dengan adanya dana desa yang sangat besar tersebut, maka pemerintah desa harus berhati-hati dalam mengelolanya. Pengelolaannya harus jelas sesuai kebutuhan masyarakat sehingga tidak berdampak ke hal-hal yang tidak  inginkan bersama. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
To Top