Maluku

FPMK Tumbuhkan Minat Usaha Kuliner Desa Revav

Kuliner Khas Kei

MALRA, MALUKU- Dampak Festival Pesona Meti Kei (FPMK) yang digelar Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) tahun 2016 lalu, ternyata  membawa dampak perekonomian bagi masyarakat Maluku Tenggara (Kepulauan Kei).

Dampak yang dirasakan salah satunya masyarakat pada desa Revav. Dampak yang dirasakan tak lain menumbuhkan minat usaha khususnya pada usaha kuliner.

Pengembangan usaha kuliner terbilang unik, pasalnya dalam menjalankan usaha kuliner itu, masyarakat setempat membentuk kelompok usaha sesuai dengan marga-marga yang ada di desa Revav.

Kepala Desa (Kades) Revav, Levinus Rahayaan sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah atas motivasi serta bantuan fasilitas yang diberikan untuk mendorong tumbuhnya wisata kuliner di desa Revav.

“Mewakili masyarakat desa Revav saya sangat berterima kasih kepada pemda Maluku Tenggara karena atas dukungan serta perhatian yang sangat luar biasa kepada kami, sehingga dari terselengaranya FPMK sampai dengan selesai kami benar-benar merasakan dampak pertumbuhan ekonomi sampai dengan saat ini,” ungkapnya.

Kuliner Malra

Dikatakan, dampak tumbuhnya perekonomian di desa Revav sangat bagus, kegiatan transaksional dan jual beli serta menigkatnya perputaran uang di desa Revav benar-benar dirasakan setiap minggunya.

kedepannya lokasi wisata kuliner dapat ditata secara alami sehingga para wisatawan baik lokal maupun manca negara tidak merasa bosan dengan suasana yang ada.

“ saya akan tetap berupaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas desain wisata kuliner tradisional di desa Revav ini, sehingga para wisatawan tidak merasa bosan. Tentunya juga dengan menjaga kekhasan pangan tradisinal yang merupakan menu andalan di lokasi wisata kuliner desa Revav ini,” imbuhnya.

Selain itu, Levinus juga berjanji, akan tetap mengawal masyarakat dalam proses kemandirian ekonomi dan seluruh aktifitas yang merujuk kepada peningkatan pembangunan di desa Revav yang lebih baik.

“Saya berharap masyarakat benar-benar mendukung dan menjalankan semua program yang ada di desa Revav ini dengan baik, agar pembangunan ekonomi maupun fisik di desa Revav terus meningkat dan menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Dengan demikian masyarakat benar-benar merasakan dampaknya pembangunan dan pertumbuhan ekomomi dengan baik dan merata,” tutupnya.  (IN-12)

Print Friendly, PDF & Email
To Top