Pemerintahan

Dirjen PDT Berikan Bantuan Bagi Warga Nelayan Desa Larnganga

logo-pemkab-maluku tenggara

MALRA,MALUKU- Wakil Bupati Maluku Tenggara Drs. Yunus Serang di dampingi Kepala BPM-PD Andreas Savsavubun mengunjungi desa Larngangas Kecamatan Manyeuw Kabupaten Maluku Tenggara dalam rangka mengecek kesiapan desa tersebut jelang kunjungan kerja Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementrian Desa PDIT Selasa (7/1/2017).

Pantaunan media ini, tujuan kunjungan kerja Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementrian Desa PDT, Johozua Yaltuwu. M Si. MA dalam rangka penyerahan bantuan kapal tangkap, pabrik ice (es) dan cool storege untuk masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara yang berlokasi di desa Larngangas Kecamatan Manyeuw.

Usai melakukan kunjungan ke desa Larngangas wakil bupati Maluku Tenggara Yunus Serang beserta pimpinan SKPD menuju bandara Karel Sadsuitubun Langgur untuk menjemput Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Kemetrian PDT beserta rombongan tiba menggunakan Pesawat Garuda sore kemarin.

Usai penjemputan Wabup dan rombongan Dirjen PDIT menuju desa Larngangas untuk menyerahkan langsung bantuan dari Kementrian PDT tersebut.

Wakil bupati Yunus Serang dalam sambutannya mengatakan, Sesuai amanat UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, bahwa tujuan pembangunan desa adalah mewujudhan kemandirian masyarahat dan menciptakan desa-desa berkelanjutan yang memiliki ketahanan social, ekonomi dan ekologi serta membangun keterkaitan pembangunun ekonomi lokal antara perdesaan don perkotaan.

Lanjut wabup, Pembangunan Kawasan Perdesaan menurut Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 5 Tahun 2016 bentujuan untuh mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, pengembangan ehonomi dan pemberdayaan masyarahat desa melalui pendekatan partisipatif dengan mengintegrasikan berbagai kebijakan, rencana program dan kegiatan para pihak, pada kawasan yang ditetapkan dan diprioritaskan pada pengembangan potensi dan pemecahan masalah kawasan perdesaan, pungkasnya

Dikatakan, jumlah desa (ohoi) di Kabupaten Malra sebanyak 192 ohoi rata-rata merupakan desa pesisir dengan mata pencarian pokok sebagai nelayan tradisional. Kabupaten Malra juga memiliki ekosistem perairan yang baik juga garis yang panjang sehingga memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan tangkap yang sangat besar. Kondisi tersebut menjadi potensi untuk meningkatkan hasil usaha tangkapan ikan dan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat khususnya para nelayan, jelas wabup

Selain itu kata wabup, Perikanan budidaya terus dikembangkan pada klaster pengembangan perikanan.

“Olehnya itu, saya berharap bantuan yang diberikan langsung dari Dirjen kementrian PDT ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya demi kelangsungan pemberdayaan dan perekonomian di desa ini,” harapnya (IN-12)

Print Friendly, PDF & Email
To Top