Berita Pilihan Redaksi

Soal Hutang, PD Panca Karya Bakal Dipanggil DPRD

EDWIN ADRIAN HUWAE-KETUA DPRD MALUKU

AMBON,MALUKU – Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya terancam dipanggil oleh DPRD Maluku guna menjelaskan hutang Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2016 yang belum disetor ke Pemerintah Daerah.

Hal ini disampaikan, Ketua DPRD Maluku Edwin Adrian Huwae kepada wartawan usai rapat paripurna, Rabu (18/1). “Kita akan panggil PD Panca Karya untuk menjelaskan kendala apa yang menyebabkan hingga kini belum melunasi hutang PAD tahun 2016,”ujarnya.

Politisi PDI-Perjuangan ini menambahkan, PD Panca Karya akan memberikan klarifikasinya ke Komisi C DPRD Maluku sebelum diambil langkah yang lebih jauh.
Sebelumnya, perusahaan yang dipimpin oleh Afras Pattisahusiwa tercatat menunggak PAD tiga tahun terakhir terhitung 2014-2016. Namun, menurut keterangan yang dihimpun di Kantor Gubernur Maluku, PD Panca Karya akan melunasi tunggakan tersebut, namun hingga kini belum ada tanda-tanda pelunasan.

“Berdasarkan rapat yang dipimpin oleh Wagub Maluku, PD Panca Karya berjanji akan melunasi tunggakan ke bagian keuangan Provinsi, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda,”ujar Kepala Biro Ekonomi dan Investasi, Anthon Lailossa.

Sesuai RPJMD 2016, PAD salah satu perusahaan daerah itu sebesar Rp2,1 milyar namun yang baru terlunaskan baru Rp995 juta sehingga menyebabkan tunggakan PAD tersebut masih mencapai Rp1,1 milyar. Padahal dua BUMD lainnya seperti Bank Maluku dan PT Dok Perkapalan Waiame tidak pernah menunggak PAD itu.

Sementara itu, Direktur PD Panca Karya Afras Pattisahusiwa menuturkan penunggakan terjadi lantaran ada penunggakan pendapatan yang diakibatkan oleh sejumlah kapal yang tidak beroperasi sejak Mei 2016 lalu. Disisi lain, perusahaan harus tetap membayar gaji ABK.

Menurutnya, jika kapal tersebut beroperasi pendapatan setiap bulannya mencapai Rp400 juta dan akibat tidak beroperasi 8 bulan, maka kerugiannya akibat kurang pemasukan pendapatan mencapai Rp3,2 milyar.

“Kita akan benahi secara perlahan dan melunasi tunggakan tersebut,”tandas Ketua Bappilu PPP Provinsi Maluku. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com