Pendidikan

Program Gubernur Mengajar, Bentuk Ikhtiar Tanggap Bencana

16114202_702463226588775_7456280950906571949_n

AMBON, MALUKU- Program Gubernur Mengajar yang dilaksanakan Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku yang melibatkan siswa siswi SMA/SMK/MA se-Kota Ambon merupakan sebuah bentuk ikhtiar tanggap bencana. Demikian disampaikan Ketua Panitia Azis Tuny dalam rillisnya (25/1/2016).

“Kegiatan ini kami awali dengan Lomba Mading antar SMA/SMK/MA se-Kota Ambon dengan tema ‘Manggurebe Kurangi Risiko Bencana di Maluku’,” jelasnya.

Ia mengatakan program Gubernur Mengajar merupakan ikhitiar bersama membangun kemampuan (capacity building) anak didik untuk bagaimana memahami dan mampu mengelola resiko bencana guna meminimalisir dampaknya.

“Program ini hanyalah entri point dari sejumlah rencana yang sudah disiapkan itu, semata-mata untuk mengadvokasi kebijakan di tingkat Pemerintah Daerah sekaligus mengedukasi generasi muda kita, khususnya yang masih duduk di bangku SMA untuk menjadi tanggap menghadapi bencana,” papar Tuny

Dikatakan, Maluku berada di daerah pertemuan tiga lempeng tektonik aktif (Australasia, Pasifik dan Eurasia) yang apabila bergesekan dapat menghasilkan energi yang berpotensi mengakibatkan gempa bumi, patahan tektonik, hingga tsunami.

“Untuk itu, pemahaman-pemahaman dasar seperti inilah yang harus kita sampaikan dengan jelas pada peserta didik agar mereka sadar betul dengan kondisi geografis kita,” ungkapnya.

Ia berharap semoga ikhtiar yang dilakukan sebagai langkah awal ini dapat ditindaklanjuti secara serius kedalam ranah pendidikan agar adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana mencapai sasaran yang jauh lebih luas.

“Mari kita perkenalkan kepada seluruh peserta didik dan guru, dengan cara mengintegrasikan informasi ini kedalam kurikulum sekolah, minimal menjadi bagian dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan di hadapan ribuan siswa dan guru, Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff tegas menyatakan dukungannya,” ajaknya. (IN-11)

Print Friendly, PDF & Email
To Top