Kota Ambon

Golkar Putuskan Elly Toisuta Jabat Pimpinan DPRD Kota Ambon

Elly Toisuta.S.Sos

AMBON,MALUKU – Setelah berpolemik panjang, akhirnya Partai Golkar bersikap atas figur siapakah yang pantas menduduki jabatan Pimpinan DPRD Kota Ambon pasca meninggalnya Husein Toisuta tahun lalu. Partai Golkar telah menetapkan srikandi Partai Golkar di DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta sebagai Pimpinan DPRD Kota Ambon berdampingan dengan James Maatita dari PDI-Perjuangan dan Rustam Latupono dari Partai Gerindra.

Sebelumnya, Penetapan Elly Toisuta oleh segelintir orang menyatakan melalui SK Bodong alias Palsu, namun SK tersebut lambat laun diakui juga. Keputusan DPP atas nama Elly Toisutta telah final berdasarkan sebaran SK yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Setya Novanto dan Sekjen Idrus Marham beberapa waktu lalu. Bahkan, keabsahan SK tersebut pun telah diakui oleh Ketua DPD Partai Golkar Maluku, Said Assagaff dan Sekretarisnya Roland Tahapary.

Ketua DPD Golkar Provinsi Maluku, Said Assagaf kepada wartawan mengatakan, pihaknya tetap meneruskan apa yang telah

menjadi keputusan DPP, karena keputusan DPP adalah amanah konstitusi partai yang harus dijalankan. “Terkait dengan semua

persoalan yang ada di Partai Golkar, menyangkut dengan Pilkada maupun berbagai informasi yang dibicarakan di media masa

menyangkut dengan polemik SK penggantian Wakil ketua DPRD Kota Ambon sudah kita bicarakan dalam rapat, dan belum bisa

dikonsumsi sekarang. Tapi yang pasti, sesuai SK dari DPP itu tetap harus ditindaklanjuti, karena itu perintah dari DPP danamanat konstitusi partai,” ujar Assagaf.

 Disisi lain, Sekretaris DPD Golkar Maluku, Roland Tahapary menambahkan, SK untuk mengisi posisi wakil Ketua DPRD yang sementara kosong itu sudah diputuskan oleh DPP, tinggal menunggu kapan dilantik. “Mengenai pengisian posisi wakil ketua DPRD itu kan sudah ada SK dari DPP tuh, jadi semua sudah selesai dan tinggal menunggu waktu untuk dilakukan pelantikannya,” tegas Tahaparry.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Kota Ambon, Richard Louhenapessy yang dikonfirmasi wartawan secara singkat menegaskan tidak ada masalah dengan SK yang diputuskan oleh DPP atas nama Elly Toisuta untuk mengisi posisi Wakil Ketua yang ditinggalkan Almarhum Hi. Husen Toisutta itu.

“Tidak ada masalah, semua telah diputuskan oleh DPP Golkar. Menyangkut dengan harus di pleno di tingkat DPD II atau tidak juga tidak ada masalah, karena Itu sudah menjadi keputusan dan kebijakan DPP yang harus dijalankan. Jadi tidak ada masalah lagi soal pengisian posisi wakil ketua DPRD Kota Ambon,” tegas Louhenapessy yang juga calon Walikota Ambon periode lima tahun mendatang. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
To Top