Hot News

Fakhum Unpatti Ambon Luncurkan Pattimura Law Journal

received_10207773961529871

AMBON,MALUKU – Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon akhirnya berhasil melaunching Pattimura Law Journal. jurnal yang dikeluarkan oleh Fakultas dengan semboyan Ad Agusta Per Angusta itu digadang gadang merupakan journal bertaraf internasional. Atas keberhasilan tersebut akhirnya Unpatti dinobatkan sebagai satu-satunya universitas yang mampu membawa harum nama Indonesia Bagian Timur ke mata dunia.

“Sangat luar biasa, karena baru kali ini Unpatti Ambon  melalui Fakultas Hukum berhasil membuat sebuah jurnal bertaraf internasional dan mengharumkan nama Maluku ke mata dunia,”ungkap Dekan Fakultas Hukum Unpatti Ambon, Dr. Jantje Tjiptabudy SH,MH saat melaunching Pattimura Law Journal dan syukuran akreditasi A Program Study Strata satu bagi Ilmu Hukum, kemarin.

Dia mengatakan, penting membuat jurnal bertaraf internasional karena merupakan salah satu syarat untuk akreditasi dan syarat untuk kenaikan pangkat bagi para dosen dan juga syarat untuk menjadi seorang profesor, jika tulisannya dapat dipublikasikan secara internasional.

“Tidaklah mudah jika tulisannya masuk pada jurnal internasional. Bahkan salah satu penyebab usulan doktor yang dilayangkan terpending lantaran belum memenuhi syarat demikian belum lagi diperiksa oleh reviewer yang berkopetensi di bidangnya,”jelasnya.

Dia mengaku, dirinya telah menghasilkan kurang lebiuh 20 tenaga doktor dan 30 orang yang masih mengikuti pendidikan.

“Ini Berarti bahwa kedepannya ada lebih dari 50 orang tenaga dosen bergelar doktor yang ada di Fakultas Hukum Unpatti,”katanya.

Pembantu Rektor II Unpatti itu menambahkan, Fakultas Hukum kini sudah bisa menyamatkan diri dengan universitas lainnya di Bagian Barat. Karena secara kualitas, katanya mahasiswa fakultas hukum tidak kalah bersaing.

“Dalam berbagai kejuaraan baik nasional maupun internasional selalu mendapat juara bahkan juara 1 di tingkat Internasional. Selain itu lulusannya juga patut di perhitungkan karena terbukti dari seleksi penerimaan pegawai di Angkasapura misalnya dari semua lulusan terbaik di universitas yang berhasil diterima hanya satu orang dan itu berasal dari fakultas hukum,”tandasnya.

Sedangkan ketua Pattimura Law Journal, Dr. Revency Vania Rugrebregt dalam laporannya mengatakan, Pattimura Law Journal yang dilauching merupakan bukti Fakultas Hukum Unpatti dapat berkembang mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi.

” Ini bukti bahwa Fakultas Hukum Unpatti mampu berkembang dalam tantangan seperti moto Fakultas Hukum Unpatti, Ad Agusta Per Angusta (berkembang dalam tantangan), ” terang  Rugrebregt.

hal yang paling luar biasa yang didapat dalam Journal terbitan fakultas hukum Unpatti yakni dimana tim editorial berhasil mencapai 20 index. hal tersebut tentunya berbeda dengan terbitan journal yang sama di beberapa Universitas tersohor di Indonesia.

” Undip melauching Journalnya tanpa index, UI hanya 3 Index,  Mulawarman 3 Index, Airlangga 2 Index, ” jelas Rugrebregt.

Dalam mengelola Law Journal pihaknya juga bekerjasama dengan berbagai Universitas luar negeri yakni Leiden University (Belanda). pihaknya kini tengah menjajaki kerjasama dengan southern cross (Australia), Utrecht dan Saxon University (Belanda).  (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
To Top